Tidak Bisa Download dari Google Play? Tidak Bisa Flash Player Juga?

Hmm... setelah beberapa bulan menggunakan ponsel Live Walkman, berasa puaaaas banget! Main game lancar, internetan mantap, suara OK. Tapi bukan berarti selama menggunakan handphone ini bebas masalah. Masalah tetap ada, yakni:

1. Tidak bisa download dari Google Play (dulu namanya Android Market)

Awalnya sih fine fine aja, download sana sini lancar. Tapi suatu ketika, saya tidak bisa mendownload lagi! Aduh kenapa ini...? Muncul pesan Error 500. Saya cari di internet, ternyata Error 500 artinya "Internal Server Error". Saya ga ngerti nih, servernya Indosat atau Google yang error.

Lalu, saya bandingkan dengan hape Android teman saya yang sama-sama memakai kartu IM3, ternyata lancar jaya. Saya berkesimpulan, berarti masalah ada pada hape saya. Saya lakukan hard reset, tetapi tetap tidak bisa mendownload dari Google Play. Padahal setelah di reset, serasa baru beli nih henpon. Semuanya harus saya setting ulang. :-(

Berarti mungkin masalah ada pada konfigurasi nomor saya. Seketika menyadari yang demikian, saya panggil CS Indosat di nomor 100. Sayang, mereka tidak bisa memberikan solusi. Udah jelasin muter-meter, berkali-kali di restart, Ah apa daya semua tak berubah.

Saya coba lagi dengan menggunakan nomor dari operator ****, dan akhirnya saya bisa download dari Google Play. Tapi kartu **** saya kan bukan kartu utama, males banget kan kalau kartu sekunder bersemayam di hape favorit?

Saya coba download dari market dengan menggunakan Wifi! Hasilnya, everything was fine! Huh, sempet kesel juga kenapa kartu kesayanganku ga klop dengan hape ku ini. Apakah mereka sekarang bermusuhan?
Setelah lama mencari jawaban, akhirnya aku coba untuk menghapus alamat proxy di settingan internet. Dan hasilnya... Saya bisa download dari Google Play lagi deh. Alhamdulillah.

Begini rinciannya:
Masuk dari Menu > Setting > Nirkabel dan Jaringan > Jaringan Mobile > Nama Jalur Akses > Pilih APN (Indosat WAP) > Proxy > Hapus isian default dari Indosat alias dikosongkan saja.

2. Flash Player tidak dapat Berfungsi

Sebelumnya saya sudah sesumbar ke teman-teman bahwa Live Walkman saya mendukung Flash Player, artinya saya bisa buka website dinamis sebagaimana layaknya di komputer. Ada animasi gitu deh. Terus kita bisa juga langsung nonton video youtube dari browser, ga usah masuk ke aplikasi. Tapi sedihnya, ternyata ga bisa. Padahal aku sudah perbarui Flash Playernya dari bawaan versi 10.3 ke versi 11.1. Tetep ga bisa buat buka youtube langsung. Notifikasinya "Harap aktifkan Java Script pada browser Anda". Padahal ya memang sudah diaktifkan. Ternyata solusi masalahnya sama dengan poin satu diatas. Ketika settingan proxy saya hapus, saya bisa tersenyum lega. Artinya, 2 masalah, satu solusi.

Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? Bisa jadi kamu menggunakan merk berbeda (Samsung, LG dsb), tetapi Android favorit kamu yang mendukung flash player tidak dapat berfungsi (flash playernya)? Atau ada yang bisa menjelaskan lebih lanjut secara ilmiah?

Comments

Lord_Nurdin said…
tapi punya saya bisa flash kok, mungkin agan make opera mini yang 800kb?? pakenya yang opera mobile gan, terus di pengaturan aktifkan flashnya, jangan lupa download flashplayernya yang 11,
Anonymous said…
punya saya juga sama, gak bisa juga biarpun sudah download flash player
Abu Zahra said…
Coba aktifkan java script pada settingan browsernya
Anonymous said…
sangat membantux
DzooM said…
Alhamdulillah bisa juga buka play store pake kartu indosad. Ana juga sama mengalami masalah seperti antum. Makasih untuk infonya sangat membantu. Untuk FPlayer entah bisa atau gk soalnya d play store bilang hp ana tidak support Fplayer jadi pakai Adobe Air.

Popular posts from this blog

Menuntut Kejahatan Outsourcing

Konsultasi Kesehatan Gratis

Selamat Datang Pemimpin Baru Jakarta